'/> Contoh Rapbs (Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah) -->

Info Populer 2022

Contoh Rapbs (Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah)

Contoh Rapbs (Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah)
Contoh Rapbs (Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah)
Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah Contoh RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah)


RAPBS ialah planning biaya dan pendanaan rinci untuk tahun pertama dan merupakan dokumen anggaran sekolah resmi yang harus ditandatangani oleh Komite Sekolah dan Kepala Sekolah serta penanggungjawab perumusan RAPBS, untuk menjadi anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah.

RAPBS dibentuk hanya untuk satu tahun anggran pelajaran mendatang dan terdiri dari 2 bab yaitu Pendapatan dan Pengeluaran. RAPBS meliputi semua biaya dan pendapatan yang ada pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Tahunan, khususnya untuk tahun anggaran mendatang. Pendapatan yang dicantumkan di RAPBS hanya meliputi dana dalam bentuk uang, baik yang akan diterima dan dikelola pribadi oleh sekolah.

Rencana Pendapatan dan Belanja Sekolah atau RAPBS ialah pilar managemen sekolah dengan RAPBS inilah semua acara sekolah direncanakan, tidak sekedar teknis pelaksanaan tetapi juga non teknis. Dana yang didapatkan dari pemerintah dan masyarakat serta dana santunan lain yang mungkin didapatkan sekolah, diatur sedemikian rupa sehingga penggunaannya terang dan terbuka. Hal ini juga untuk membiasakan keterbukaan dalam sistem managemen.

Setiap acara yang diselenggarakan sekolah sudah direncanakan dalam RAPBS alasannya ialah terkait dengan pembiayaan acara tersebut. Kita selalu membutuhkan pembiayaan, baik itu besar maupun kecil untuk itulah RAPBS disusun sekolah dan stakeholder terkait.

Bagaiman cara menciptakan RAPBS?
Secara rinci langkah penyusunan RAPBS, yaitu:
contoh rapbs
  • Inventarisasi acara untuk tahun yang akan datang, baik acara rutin maupun acara pembangunan/ pengembangan menurut penilaian pelaksanaan acara pada tahun sebelumnya, analisis kebutuhan tahun berikutnya, dan masukan dari seluruh warga sekolah maupun Komite sekolah.
  • Inventarisasi sumber pembiayaan baik dari rutin maupun pengembangan.
  • Penyusunan Rencana Kegiatan sekolah (RKS) yang lengkap menurut Langkah poin (1) dan (2). Kepala sekolah menciptakan tabel RKS yang terdiri dari kolom-kolom nomor urut, uraian kegiatan, sasaran, kolom-kolom perincian dana dari banyak sekali sumber, dan kolom jumlah. Tabel tersebut diisi sesuai kolom yang ada.
  • Penyusunan RAPBS, Kepala sekolah menciptakan tabel RAPBS yang terdiri dari kolom-kolom, yaitu kolom planning penerimaan dan jumlahnya, kolom planning pengeluaran dan jumlahnya. Tabel tersebut diisi kemudian ditandatangani oleh Kepala sekolah dan Ketua komite sekolah dan diketahui oleh Kepala Dinas Pendidikan setempat.
Berikut ini kami sajikan pola RAPBS dengan format microsoft excel dan word, download pada link dibawah ini:

Update 2018 Contoh RAPBS Paud SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Format Pdf

Berikut kami sajikan kembali salinan Contoh Rencana Anggaran Biaya Sekolah Swasta maupun Negri yang sanggup rekan rekan tenaga pendidik gunakan sebagai acuan dalam menciptakan beberapa lembar pengakuan untuk semua satuan pendidikan dengan pembuatan pola RAPBS SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas dalam mengisi setiap lampiran keterangan terkait Rencana Anggaran Pendapatan dan belanja Sekolah.

Membahas terkait suatu yang bekerjasama dengan pengelolaan dana Anggaran Sekolah tentu saja harus di kelola dengan baik terutama dalam merencanakan beberapa planning acara sekolah, yang pastinya sanggup di laksanakan secara efektif dan efesien terutama secara transparan dan akuntabel, berkaitan dengan pihak pengelola Sekolah yang sedang memerlukan Contoh APBS RAPBS berikut kami akan menyajikan beberapa Contoh lampiran yang bisa dipakai sebagai materi rujukan.
Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah Contoh RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah)

Berbicara terkait suatu acara sekolah yang telah diselenggrakan tentu telah di susun dalam RAPBS dengan Rinci, dimana planning tersebut dilakukan untuk setiap anggaran satu tahun, dengan penyusunan Rencana Anggaran dan Belanja secara pribadi maupun tidak langsung, yang meliputi semua acara jadwal pendidikan. 

Berkiatan dengan itu maka kami telah menyedikan pola penyusunan pembuatan planning anggaran Biaya Sekolah, dengan bersisikan beberapa pola pengakuan lampiran, untuk Rekapitulasi juga pola rincian belanja tidak langusng dan rincian belanja pribadi lengkap beserta jadwal acara yang sanggup anda dapatkan sebagai acuan di bawah ini.
Demikian informasi terbaru dari kami mengenai Contoh APBS/RAPBS kami bagikan dibutuhkan bisa menjadi suatu pedoman bagi anda yang sedang memerlukan pola pembuatan susunan planning acara sekolah. Sekian penyampaian artikel hari ini semoga bermanfaat.

Update Sabtu 12 Mei 2018 Contoh RAPBS

Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah Contoh RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah)

Update Sabtu 12 Mei 2018 Contoh RAPBS - Kali ini admin kembali membagikan artikel mengenai RAPBS (Rencana Anggara Pendapatan dan Belanja Sekolah) dimana didalam artikel ini admin bagikan sebuah aplikasi berbasis excel guna membantu Bapak Ibu semoga lebih gampang dalam mengerjakan atau mengelola dana kuangan sekolah serta bagi Tim Penyusun RAPBS dalam menciptakan rumusan dan merancang dana anggaran sekolah sesuai dengan petunjuk teknis dan pedoman RAPBS untuk tahun ajara 2017/2018 ketika ini. Untuk lebih jelasnya berikut kami berikan citra mengenai aplikasi RAPBS format excel terbaru tahun 2017. 

Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah yang kemudian disingkat RAPBS dibentuk pada setiap awal tahun pelajaran baru. Pembuatan RAPBS ini bertujuan sebagai kerangka awal dalam penyusunan anggaran selama satu tahun kedepan. Didalam pembuatan RAPBS ini bendahara bekerjasama dengan tim khusus yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah. Nah untuk memudahkan pembuatan RAPBS ini sekarang sudah hadir sebuah aplikasi berbasis excel yang dilengkapi dengan beberapa form menyerupai K1, K2, Rencian per acara dan per sumber, rekapitulasi dan lain-lain. Pertama-tama silahkan dapatkan aplikasinya terlebih dulu pada link dibawah ini:

Link Google Drive :

Pada formatt K1 berisi form yang diisi oleh sekolah untuk diberkaan ke Tim Manajemen BOS kabupaten atau kota. Sedangkan pada form K2 terdapat Rencana Kegiatan Anggara Sekolah yang mana dana yang akan dipakai bersumber dari dana BOS. Itu saja sedikit ulasan mengenai aplikasi RAPBS acuan dari kami sebagai pola untuk menciptakan atau menyusun RAPBS tahun aliran 2018/2019 mendatang. Sekian dan terimakasih


Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Contoh RKAS SD 2017 Excel untuk SD Sekolah Menengah Pertama SMA
  2. Aplikasi Alpeka BOS 2017 Excel Sebelas Komponen Baru
  3. Juknis BOS 2017 Final Bukan Draft untuk SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SLB
Advertisement

Iklan Sidebar