'/> Inilah Alasan Kenapa Neraka Banyak Dihuni Perempuan -->

Info Populer 2022

Inilah Alasan Kenapa Neraka Banyak Dihuni Perempuan

Inilah Alasan Kenapa Neraka Banyak Dihuni Perempuan
Inilah Alasan Kenapa Neraka Banyak Dihuni Perempuan
Ilustrasi neraka

Sewaktu Nabi Muhammad SAW melakukan Isra Mi'raj , ia diajak jalan-jalan melihat nirwana dan neraka oleh malaikat Jibril. Beliau melihat siapa saja kebanyakan penghuni nirwana dan neraka ketika itu.

Rasulullah SAW bersabda , "Aku melihat ke dalam Surga maka gue melihat kebanyakan penduduknya yaitu fuqara (orang-orang fakir) dan gue melihat ke dalam neraka maka gue menyaksikan kebanyakan penduduknya yaitu wanita." (HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas dan Imran).

Tentang hal ini , kita akan membahas kenapa neraka banyak dihun kaum perempuan. Dilansir dari sumber-sumber terpercaya beserta hadis nya , diberikut alasan kenapa di neraka banyak dihuni neraka.

3. Kufur kepada suami dan kebaikan-kebaikannya

Rasulullah dan para sahabatnya pernah melakukan shalat gerhana. Kadab itu , ia melihat nirwana dan neraka. Beliau bersabda kepada para sahabatnya wacana neraka:

"... dan gue melihat neraka maka tidak pernah gue melihat pemandangan mirip ini sama sekali , gue melihat kebanyakan penduduknya yaitu kaum wanita. Sahabat pun bertanya: "Mengapa (demikian) wahai Rasulullah?" Beliau menjawaban: "Karena kekufuran mereka."

Kemudian ditanya lagi: "Apakah mereka kufur terhadap Allah?" Beliau menjawaban: "Mereka kufur terhadap suami-suami mereka , kufur terhadap kebaikan-kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka selama waktu yang panjang kemudian ia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak ia sukai) pasti ia akan berkata: 'Aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu.'" (HR. Bukhari dari Ibnu Abbas r.a).

Dalam perkara mirip ini , memang sering banyak terjadi ketika seorang istri selalu mengingkari kebaikan-kebaikan suaminya. Hal itu biasanya disebabkan lantaran perbuatan sang suami tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh istrinya.

Sebaiknya , bagi istri yang shallehah yaitu senantiasa kita bersyukur terhadap apa yang telah didiberikan suami , janganlah sekali-kali mengkufuri kebaikan-kebaikan suami , lantaran Yang Mahakuasa tidak akan meridhoinya , sebagaimana yang telah dijelaskan Rasulullah:

"Allah tidak akan melihat kepada perempuan yang tidak mensyukuri apa yang ada pada suaminya dan tidak merasa cukup dengannya.” (HR. Nasa’i di dalam Al Kubra dari Abdullah bin ‘Amr. Lihat Al Insyirah fi Adabin Nikah halaman 76).

2. Durhaka pada suami

Durhaka kepada suami merupakan perbuatan yang dibenci Allah. Seperti tidak melayani suami dengan baik , mengeluarkan kata-kata berangasan kepada suami , tidak menciptakan hati suami bahagia , atau seolah menjajah dan mengekang kepada suami.

"Kaum laki-laki itu yaitu pemimpin bagi kaum perempuan , lantaran Yang Mahakuasa telah meludang keringhkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) , dan lantaran mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu , maka perempuan yang sholih , yaitu yang taat kepada Yang Mahakuasa lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada , lantaran Yang Mahakuasa telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya , maka masukanilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka , dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka menaatimu , maka janganlah kamu mancari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Yang Mahakuasa Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS. An-Nisa: 34).

Ayat di atas menjelaskan bahwa suami yaitu pemimpin bagi istrinya. Maka sudah seharusnya istri mematuhi perintah suami , selama perintah tersebut tidak menyimpang dari jalan Allah.

1. Tabarruj

Tabarruj yaitu seorang perempuan yang menampakkan perhiasannya serta keindahan tubuhnya yang seharusnya ditutupi dari hal-hal yang sanggup menarik syahwat kaum pria.

Dalam hadis lainnya , Rasulullah SAW bersabda wacana perempuan penduduk neraka: "... dan perempuan yang berpakaian tapi hakikatnya mereka telanjang , melenggak-lenggokan kepala mereka lantaran sombong dan berpaling dari ketaatan kepada Yang Mahakuasa dan suaminya , kepala mereka seakan mirip punuk onta. Mereka tidak masuk Surga dan tidak mendapatkan wanginya Surga padahal wanginya bisa didapati dari perjalanan sekian dan sekian." (HR. Muslim dan Ahmad dari Abu Hurrairah r.a).

Intinya , banyak perempuan penghuni neraka lantaran mereka suka memamerkan auratnya di depan orang lain yang bukan muhrim. Wanita yang sombong dengan harta kekayaannya juga akan dimasukkan ke dalam neraka.

Nah , itulah klarifikasi kenapa di neraka banyak dihuni wanita. Rupanya , dosa sepele mirip tidak menggunakan hijab atau tidak mematuhi perintah baik suami , bisa mengantarkan seorang perempuan ke depan pintu gerbang neraka.
Advertisement

Iklan Sidebar