'/> Rasulullah Hanya Dua Kali Sakit Sepanjang Hayatnya Rahasianya? -->

Info Populer 2022

Rasulullah Hanya Dua Kali Sakit Sepanjang Hayatnya Rahasianya?

Rasulullah Hanya Dua Kali Sakit Sepanjang Hayatnya Rahasianya?
Rasulullah Hanya Dua Kali Sakit Sepanjang Hayatnya Rahasianya?
Ilustrasi orang yang melakukan shalat qiyamul lail pada sepertiga malam (foto: arrahmah.com)

Banyak orang yang tidak peduli dengan nikmat sehat yang telah didiberikan Tuhan SAW kepada kita. Padahal kesehatan itu ialah anugrah yang yang tak terskor harganya yang harus senantiasa kita jaga.

Sebagai umat Muslim , tahukah Anda bahwa Nabi Muhammad SAW hanya pernah sakit dua kali sepanjang hidupnya? Pertama , Rasulullah jatuh sakit ketika diracun oleh seorang perempuan Yahudi , dan yang kedua menjelang mangkatnya.

Lalu apa diam-diam hidup sehat Rasulullah sampai beliau hanya pernah dua kali jatuh sakit sepanjang hayatnya? Berikut dilansir dari berbagai sumber , diam-diam hidup sehat Rasulullah yang patut kita contoh.

1. Bangun sebelum subuh

Rasulullah bangkit sebelum subuh dan melakukan qiyamul lail pada sepertiga malam , ialah sekitar pukul 01:00 pagi atau :02:00 pagi. Beliau selalu menyempatkan diri untuk menghirup udara segar. Menurut pakar kesehatan , udara sepertiga malam terakhir sangat kaya akan oksigen yang belum tercemar dengan zat-zat lain.

2. Pola makan yang sehat

Di pagi hari , Rasulullah memakai siwak untuk menjaga kesehatan lisan dan giginya. Kemudian beliau sarapan dengan segelas air dingin dicampur dengan satu sendok madu asli.

Menjelang siang , Rasulullah senantiasa mengkonsumsi tujuh butir kurma matang. Beliau bersabda , "Barang siapa makan tujuh butir kurma , maka akan terlindung dari racun."

Kadab seorang perempuan Yahudi meracuni Rasulullah , beliau selamat berkat racun-racun tersebut terserap oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Sementara seorang sahabat , Bisyir ibu al Barra yang ikut makan masakan beracun yang didiberikan perempuan Yahudi tersebut meninggal.

Kemudian menjelang sore , beliau juga suka makan-makanan pokok mirip roti ditambah dengan minyak zaitun dan cuka. Di malam hari , beliau suka mengkonsumsi sayur-sayuran. Setelah itu , beliau biasanya melakukan program ringan untuk mencerna makanannya. Shalat merupakan salah satunya.

3. Olahraga

Rasulullah juga suka berolahraga , biasanya dengan bermain bersama anak dan cucunya.

4. Tidur setelah isya

Beliau tidak menyukai berbincang-bincang atau makan-makan setelah waktu isya. Rasulullah akan tidur setelah waktu isya semoga bisa bangkit ludang keringh pagi dan menyempatkan diri untuk menghirup udara segar pada sepertiga malam.

Nah , itulah beberapa diam-diam hidup sehat Rasulullah yang menciptakan tubuhnya selalu sehat , sampai beliau hanya pernah dua kali sakit sepanjang hayatnya.
Advertisement

Iklan Sidebar