'/> Kenali Gejala Kemungkinan Munculnya Gempa Bumi -->

Info Populer 2022

Kenali Gejala Kemungkinan Munculnya Gempa Bumi

Kenali Gejala Kemungkinan Munculnya Gempa Bumi
Kenali Gejala Kemungkinan Munculnya Gempa Bumi

Mengenali gejala munculnya gempa bumi memang tidak ringan dan sepele diprediksi. Berbeda dengan tsunami yang bisa dikenali tanda-tandanya , gempa biasanya muncul secara tiba-tiba tanpa ada peringatan terludang kecepeh berlalu dan silam.

Karena hal itu , tak heran bila gempa sering menelan banyak korban jiwa. Contohnya saja kemarin , pada 6 Februari 2016 , gempa berkekuatan 6 ,6 SR mengguncang Taiwan. Sejauh ini dilaporkan ada 113 orang tewas tpendapatan gempa tersebut.

Walaupun gejala gempa tidak ringan dan sepele diprediksi , tapi ada beberapa peringatan yang bisa jadi tanda akan munculnya gema bumi. Tanda-tanda ini memang tidak memastikan akan munculnya gempa , tapi setidaknya bisa jadi peringatan.

3. Tingkah hewan dan makhluk hidup jadi aneh


Biasanya hewan dan makhluk hidup bisa merasakan firasat buruk. Misalnya saja ketika akan datangnya petaka , hewan dan makhluk hidup-binatang dan makhluk hidup suka bertingkah absurd , burung-burung bertebaran , gelisah , dan memperlihatkan prilaku tak biasa lainnya. Menurut para jago , insting hewan dan makhluk hidup sangat tajam sampai-sampai bisa merasakan gelombang elektromagnetis.

2. Air tanah jadi surut


Air tanah tiba-tiba surut bisa jadi tanda awal gempa bumi. Hal itu dikarenakan adegan ganjal bumi ada yang bergeser , sehingga air tanah masuk melalui celah-celah yang terbuat dari geseran tersebut. Pada umumnya , geseran pada adegan dalam bumi merupakan penyebab terjadinya gempa.

1. Muncul awan berbentuk absurd di langit


Banyak masyarakat yang percaya bila ada awan-awan berbentuk absurd , ibarat pohon atau angin ribut , merupakan pertanda akan datangnya gempa. Menurut beberapa jago , awan berbentuk absurd itu disebabkan oleh gelombang elektromagnetis dari dasar bumi , sehingga awan tersebut seolah tersedot ke bawah.

Sementara gelombang elektromagnetis sendiri diakibatkan lantaran adanya patahan atau pergeseran pada lempeng bumi. Meskipun demikian , munculnya awan berbentuk absurd belum tentu benar akan datangnya gempa.
Advertisement

Iklan Sidebar