'/> Cara Menciptakan Atau Penyusunan Rpp (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Tematik Kurikulum 2013 -->

Info Populer 2022

Cara Menciptakan Atau Penyusunan Rpp (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Tematik Kurikulum 2013

Cara Menciptakan Atau Penyusunan Rpp (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Tematik Kurikulum 2013
Cara Menciptakan Atau Penyusunan Rpp (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Tematik Kurikulum 2013
Dalam implementasi Kurikulum 2013, tema tidak dinegosiasikan dengan siswa, tetapi sudah ditetapkan oleh pemerintah, bahkan silabus tematik, buku guru, dan buku siswa telah disediakan oleh pemerintah. Untuk keperluan penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas, guru sanggup menyebarkan RPP Tematik dengan memperhatikan silabus tematik, buku guru, dan buku siswa yang telah tersedia serta mengacu pada format dan sistematika RPP yang berlaku. RPP tematik yaitu rencana pembelajaran tematik terpadu yang dikembangkan secara rinci dari suatu tema dengan tahapan sebagai berikut:

1. Mengkaji Silabus Tematik

Silabus yaitu rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum sekolah dasar. Komponen silabus mencakup: kompetensi inti, kompetensi dasar, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Silabus berfungsi sebagai rujukan bagi guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pada Kurikulum 2013, silabus tematik telah disiapkan oleh pemerintah, guru tinggal memakai sebagai dasar penyusunan RPP. Guru menentukan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tema/subtema yang akan dilaksanakan pada satu pertemuan atau lebih. Kegiatan yang dipilih harus meliputi kegiatan pembelajaran sesuai dengan standar proses.

2. Mengkaji Buku Guru Buku guru berisi tentang:
  • a. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI).
  • b. Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) 1 dan 2 serta KD 3 dan 4.
  • c. Ruang lingkup pembelajaran untuk satu sub tema yang terdiri dari 6 pembelajaran dalam 1 ahad (untuk kelas I).
  • d. Pemetaan indikator pembelajaran untuk setiap pembelajaran.
  • e. Setiap pembelajaran berisi wacana uraian kegiatan pembelajaran yang mencakup:
    • 1) Nama kegiatan
    • 2) Tujuan pembelajaran
    • 3) Media dan alat pembelajaran
    • 4) Langkah-langkah kegiatan
    • 5) Penilaian.
  • f. Setiap final pembelajaran, guru hendaknya melaksanakan kegiatan refleksi untuk melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan.
3. Mengkaji Buku Siswa

Buku Seri Pembelajaran Tematik terpadu untuk siswa disusun mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi. Buku siswa memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas. Didalamnya memuat urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa. Buku ini mengarahkan yang harus dilakukan siswa bersama guru untuk mencapai kompetensi tertentu, bukan buku yang materinya dibaca, diisi, atau dihafal.
Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku kegiatan yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Buku siswa dilengkapi dengan klarifikasi lebih rinci wacana isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan referensi kegiatan yang sanggup dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu. Guru dibutuhkan bisa menyebarkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru, atau menyebarkan ide-ide pembelajaran sendiri
Buku guru dengan cakupan isi tersebut di atas, sangat membantu dan membimbing guru dalam menyusun RPP. Beberapa catatan yang berkaitan dengan buku guru, buku siswa, dan sistematika RPP sebagai berikut.
  • a.Sistematika RPP berbeda dengan sistematika urutan pada buku guru dan buku siswa.
  • b.Metode pembelajaran belum disajikan secara eksplisit dalam buku guru.
  • c.Cakupan bahan sangat luas berbasis aktivitas.
  • d.Kegiatan pembelajaran belum terinci, pendahuluan, inti, dan penutup.
  • e.Pendekatan saintifik belum terlihat secara nyata.
Hal-hal tersebut harus menjadi perhatian para guru dalam penyusunan RPP semoga kegiatan pembelajaran berlangsung aktif, efektif, dan menyenangkan. Kegiatan pembelajaran dirancang untuk menawarkan pengalaman berguru yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar siswa, siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber berguru lainnya dalam rangka pencapaian KD. Pengalaman berguru yang dimaksud sanggup terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada siswa. Pengalaman berguru memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai siswa. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyebarkan kegiatan pembelajaran yaitu sebagai berikut.
  • 1) Kegiatan pembelajaran disusun untuk menawarkan pertolongan kepada para pendidik, khususnya guru, semoga sanggup melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
  • 2) Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan manajerial yang dilakukan guru, semoga siswa sanggup melaksanakan kegiatan menyerupai pada silabus.
  • 3) Kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan merupakan skenario langkah-langkah guru dalam menciptakan siswa aktif belajar. Kegiatan ini diorganisasikan menjadi kegiatan: Pendahuluan, Inti, dan Penutup.
Setelah membaca dan mencermati beberapa informasi mengenai Cara Membuat atau Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Tematik Kurikulum 2013, maka silahkan lanjutkan ke artikel yang berkaitan dengan postingan ini dengan judul artikel Penjelasan Kegiatan
Pendahuluan, Inti,dan Penutup dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013.
Advertisement

Iklan Sidebar